JURNAL MINGGU KE 4 CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 2

 

JURNAL MINGGUAN

PROGRAM GURU PENGGERAK ANGKATAN 2

 

Nama   : Ni Wayan Yulastiningtiyas,S.Pd                              Fasilitator        : Sri Restu Wahyuningsih

Kelas   : A                                                                               Pengajar Praktik : Ni Made Dewi Ermawati

           

NO

HARI/TANGGAL

KEGIATAN

REFLEKSI

1

Senin,

3 Mei 2021

Eksplorasi konsep (forum diskusi)

Mendiskusikan tentang pemahaman terhadap nilai dan peran guru penggerak serta pemikiran Ki Hadjar Dewantara, dengan cara menjawab pertanyaan yaitu, (1). Menurut Anda, Apa hubungan antara Profil Pelajar Pancasila, dengan Peran serta Nilai Guru Penggerak yang sudah Anda pelajari? (2). Jika ada rekan Guru ataupun Kepala Sekolah yang kurang mendukung Anda dalam menjalankan peran sebagai Guru Penggerak, Apa yang bisa Anda lakukan? Gunakan pengetahuan Anda terkait nilai dan peran seorang Guru Penggerak!. Dalam kegiatan ini selain kami mengeksplorasi konsep sesuai dengan pemahaman kami, kami juga berkolaborasi dengan menyimak pemahaman teman lainnya kemudian memberikan tanggapan dan pertanyaan. Tentunya pemahaman kami dikonfirmasi oleh ibu Restu selaku fasilitator yang selalu memberi umpan baik yang konstruktif.

2

Selasa,

4 Mei 2021

Ruang kolaborasi (pengerjaan)

Membuat kesimpulan berdasarkan pengalaman dan aksi yang bisa dilakukan untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak, dengan menjawab pertanyaan: (1). Berdasarkan pengalaman Anda, Apa saja hal yang pernah Anda lakukan sehubungan dengan  peran dan nilai guru Penggerak?, (2). Apa yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak untuk menguatkan peran serta nilai tersebut?. Dalam kegiatan ini saya memaparkan pengalaman saya yang berkaitan dengan profesi saya menjadi seorang guru selama kurang lebih 6 tahun, kemudian menyimpulkan nilai dan peran apa saja yang telah diterapkan dalam pengalaman tersebut. Ternyata hamper ke 6 peran dan nilai telah saya laksanakan pada pengalaman-pengalaman saya menjadi guru, mungkin hal tersebut yang mengantarkan saya hingga lolos seleksi guru penggerak.

3

Rabu,

5 Mei 2021

Ruang kolaborasi (presentasi)

Pada kegiatan kolaborasi, kelompok kami mendapat giliran jadwal malam yaitu pukul 18.30-19.00 WIB. Sehingga kami mengambil langkah awal yaitu melaksanakan diskusi kelompok terlebih dahulu pukul 08.30-09.30 WITA, namun dengan minus kehadiran 1 anggota kelompok yaitu Pak Sura karena beliau sedang sibuk. Dalam diskusi kelompok kami membahas tugas kemudian menyepakati pembagian tugas.

Gambar 1. Hasil diskusi pembagian tugas

Kegiatan kolaborasi dimulai pukul 18.30-19.00 WIB. Bu Restu dengan sabar menunggu satu-demi satu CGP untuk masuk virtual room, kegiatan kami dimulai dengan salam, doa, penyampaian tata tertib, alur diskusi dan motivasi. Kemudia bu Restu menyampaikan materi peran CGP dan nilai-nilai CGP dibantu oleh media powerpoint yang di share screen oleh beliau. Kemudian menyampaikan pemantik, selanjutnya presentasi tugas CGP mengenai kata kunci  nilai-nilai CGP, dilanjutkan dengan presentasi CGP mengenai karakter profil pelajar pancasila yang merupakan nilai guru penggerak dengan memanfaatkan jamboard. Kolaborasi ditutup dengan refleksi, doa dan salam penutup.

Gambar 2. Kegiatan kolaborasi



Setelah melaksanakan kolaborasi melalui diskusi virtual secara umum, kemudian kami dipersilahkan memasuki room virtual kelompok, dalam kesempatan ini kami membahas penyempurnaan tugas yang sudah sempat kami kerjakan, dibimbing oleh bu Restu.

4

Kamis,

6 Mei 2021

Ruang kolaborasi

Kegiatan kolaborasi dijadwalkan pukul 18.30-19.00 WIB, kali ini saya masuk virtual room 10 menit sebelum jadwal, karena tidak mau mengulang keterlambatan pada kegiatan kemarin. Kegiatan diawali dengan pembukaan, salam, doa, alur dsikusi, tata tertib, motivasi dari bu Restu. Kemudian presentasi dari kelompok 1 yang dipresentasikan oleh bu Ari. Kemudia tanggapan dari Pak sura terkait perlu ditambahkan pengalaman dalam tugas kelompok 1, pertanyaan dari bu Tia terkait metode pembelajaran apa yang bagus pada masa PJJ, dijawab oleh bu ita dengan memaparkan ketidak berdayaan beliau terhadap pembelajaran jarak jauh di kelasnya, kemudian saya berkesempatan untuk memberikan tanggapan terkait pengalaman metode pembelajaran yang telah saya laksanakan pada PJJ. Kemudian diskusi dikonfirmasi oleh bu Restu. Kemudian dilanjutkan presentasi oleh kelompok 2 secara bergantian. Tanggapan dari Pak Pande terkait pendidikan inklusi dan pertanyaan dari bu Kasrina terkait kiat Pak Sura untuk membina siswanya. Kemudian konfirmasi dari bu Restu, beliau juga memberikan evaluasi dan koreksi terkait tugas masing-masing kelompok. Kemudian diskusi ditutp dengandoa dan salam penutup.

Gambar 3. Presentasi Tugas Kelompok



Kegiatan kolaborasi yang telah kami lalui sangat menyenangkan, dan bermakna. Setelah diskusi selesai kami menyempurnakan tugas dan mengunggahnya di LMS.

5

Jumat,

7 Mei 2021

Refleksi terbimbing

Dalam kegiatan refleksi terbimbing, saya merefleksikan pemahaman terkait peran dan nilai, dengan menjawab beberapa pertanyaan, nilai yang ada pada diri saya sebagai guru adalah toleransi atau menghargai perbedaan karakteristik siswa, Yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak adalah saya semankin tertantang untuk menguatkan nilai-nilai yang masih perlu saya kuatkan, nilai-nilai yang sudah kuat dalam diri saya sebagai seorang guru akan saya kembangkan dan lanjutkan sedangkan nilai yang masih lemah akan saya pertajam dan kuatkan, Setelah saya memahami kata kunci dari masing-masing nilai, makna nilai tersebut dan saya refleksikan, semua nilai guru penggerak sudah ada selama ini dalam diri saya, Nilai yang saya rasa harus saya kuatkan tentunya semua nilai, karena semua nilai ini penting satu sama lain saling mempengaruhi dan harusberjalan beriringan demi mewujudkan profil  pelajar pancasila. saya rasakan setelah mengetahui peran sebagai guru penggerak adalah bangga, hal yang harus saya lakukan untuk menguatkan nilai dan peran guru penggerak adalah setelah memahami nilai dan peran, saya tidak boleh berhenti belajar, setelah saya dibimbing di program CGP pleh fasilitator, nantinya saya harus terus belajar, terus mengisi dan berbenah diri serta terus memotivasi diri untuk berkembang, serta selalu mengamalkan nilai dan peran guru penggerak. Saya sama sekali tidak menemukan hambatan yang berarti dalam mengikuti kegiatan program guru penggerak.

Refleksi ini membuat saya mengevaluasi diri terkait peran dan nilai guru penggerak, peran dan nilai apa yang lemahdan harus saya kuatka, apa hambatan yang saya lalui.Kemudian dengan hal tersebut saya merefleksi dan berusaha untuk mengembangkan diri.

6

Sabtu,

8 Mei 2021

Jurnal refleksi mingguan

Refleksi kegiatan selama seminggu

Sabtu, 8 Mei 2021

                                                                                                            CGP Angkatan 2

 

                                                                                                            Ni Wayan Yulastiningtiyas,S.Pd

                                                                                                            NIP. 199303192019032027

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prakarsa Perubahan dengan ATAP