JURNAL MINGGU KE 4 CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 2
JURNAL
MINGGUAN
PROGRAM
GURU PENGGERAK ANGKATAN 2
Nama : Ni Wayan Yulastiningtiyas,S.Pd Fasilitator :
Sri Restu Wahyuningsih
Kelas : A Pengajar Praktik : Ni
Made Dewi Ermawati
NO |
HARI/TANGGAL |
KEGIATAN |
REFLEKSI |
1 |
Senin,
3
Mei 2021 |
Eksplorasi
konsep (forum diskusi) |
Mendiskusikan tentang pemahaman
terhadap nilai dan peran guru penggerak serta pemikiran Ki Hadjar Dewantara,
dengan cara menjawab pertanyaan yaitu, (1). Menurut
Anda, Apa hubungan antara Profil Pelajar Pancasila, dengan Peran serta Nilai
Guru Penggerak yang sudah Anda pelajari? (2). Jika ada rekan Guru
ataupun Kepala Sekolah yang kurang mendukung Anda dalam menjalankan peran
sebagai Guru Penggerak, Apa yang bisa Anda lakukan? Gunakan pengetahuan Anda
terkait nilai dan peran seorang Guru Penggerak!. Dalam kegiatan ini selain
kami mengeksplorasi konsep sesuai dengan pemahaman kami, kami juga
berkolaborasi dengan menyimak pemahaman teman lainnya kemudian memberikan
tanggapan dan pertanyaan. Tentunya pemahaman kami dikonfirmasi oleh ibu Restu
selaku fasilitator yang selalu memberi umpan baik yang konstruktif. |
2 |
Selasa,
4
Mei 2021 |
Ruang
kolaborasi (pengerjaan) |
Membuat
kesimpulan berdasarkan pengalaman dan aksi yang bisa dilakukan untuk
menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak, dengan menjawab pertanyaan:
(1). Berdasarkan pengalaman Anda, Apa saja hal yang pernah Anda
lakukan sehubungan dengan peran dan nilai guru Penggerak?, (2). Apa
yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak untuk menguatkan peran serta
nilai tersebut?. Dalam kegiatan ini saya memaparkan pengalaman saya yang
berkaitan dengan profesi saya menjadi seorang guru selama kurang lebih 6
tahun, kemudian menyimpulkan nilai dan peran apa saja yang telah diterapkan
dalam pengalaman tersebut. Ternyata hamper ke 6 peran dan nilai telah saya
laksanakan pada pengalaman-pengalaman saya menjadi guru, mungkin hal tersebut
yang mengantarkan saya hingga lolos seleksi guru penggerak. |
3 |
Rabu,
5
Mei 2021 |
Ruang
kolaborasi (presentasi) |
Pada
kegiatan kolaborasi, kelompok kami mendapat giliran jadwal malam yaitu pukul
18.30-19.00 WIB. Sehingga kami mengambil langkah awal yaitu melaksanakan
diskusi kelompok terlebih dahulu pukul 08.30-09.30 WITA, namun dengan minus
kehadiran 1 anggota kelompok yaitu Pak Sura karena beliau sedang sibuk. Dalam
diskusi kelompok kami membahas tugas kemudian menyepakati pembagian tugas. Gambar 1. Hasil diskusi pembagian
tugas Kegiatan kolaborasi dimulai pukul 18.30-19.00 WIB. Bu Restu dengan sabar menunggu satu-demi satu CGP untuk masuk virtual room, kegiatan kami dimulai dengan salam, doa, penyampaian tata tertib, alur diskusi dan motivasi. Kemudia bu Restu menyampaikan materi peran CGP dan nilai-nilai CGP dibantu oleh media powerpoint yang di share screen oleh beliau. Kemudian menyampaikan pemantik, selanjutnya presentasi tugas CGP mengenai kata kunci nilai-nilai CGP, dilanjutkan dengan presentasi CGP mengenai karakter profil pelajar pancasila yang merupakan nilai guru penggerak dengan memanfaatkan jamboard. Kolaborasi ditutup dengan refleksi, doa dan salam penutup. Gambar 2. Kegiatan kolaborasi Setelah
melaksanakan kolaborasi melalui diskusi virtual secara umum, kemudian kami
dipersilahkan memasuki room virtual kelompok, dalam kesempatan ini kami
membahas penyempurnaan tugas yang sudah sempat kami kerjakan, dibimbing oleh
bu Restu. |
4 |
Kamis,
6
Mei 2021 |
Ruang
kolaborasi |
Kegiatan
kolaborasi dijadwalkan pukul 18.30-19.00 WIB, kali ini saya masuk virtual
room 10 menit sebelum jadwal, karena tidak mau mengulang keterlambatan pada
kegiatan kemarin. Kegiatan diawali dengan pembukaan, salam, doa, alur
dsikusi, tata tertib, motivasi dari bu Restu. Kemudian presentasi dari
kelompok 1 yang dipresentasikan oleh bu Ari. Kemudia tanggapan dari Pak sura
terkait perlu ditambahkan pengalaman dalam tugas kelompok 1, pertanyaan dari
bu Tia terkait metode pembelajaran apa yang bagus pada masa PJJ, dijawab oleh
bu ita dengan memaparkan ketidak berdayaan beliau terhadap pembelajaran jarak
jauh di kelasnya, kemudian saya berkesempatan untuk memberikan tanggapan
terkait pengalaman metode pembelajaran yang telah saya laksanakan pada PJJ. Kemudian
diskusi dikonfirmasi oleh bu Restu. Kemudian dilanjutkan presentasi oleh
kelompok 2 secara bergantian. Tanggapan dari Pak Pande terkait pendidikan
inklusi dan pertanyaan dari bu Kasrina terkait kiat Pak Sura untuk membina
siswanya. Kemudian konfirmasi dari bu Restu, beliau juga memberikan evaluasi
dan koreksi terkait tugas masing-masing kelompok. Kemudian diskusi ditutp
dengandoa dan salam penutup. Gambar 3. Presentasi Tugas Kelompok Kegiatan
kolaborasi yang telah kami lalui sangat menyenangkan, dan bermakna. Setelah
diskusi selesai kami menyempurnakan tugas dan mengunggahnya di LMS. |
5 |
Jumat, 7
Mei 2021 |
Refleksi
terbimbing |
Dalam
kegiatan refleksi terbimbing, saya merefleksikan pemahaman terkait peran dan
nilai, dengan menjawab beberapa pertanyaan, nilai
yang ada pada diri saya sebagai guru adalah toleransi atau menghargai
perbedaan karakteristik siswa, Yang saya rasakan setelah mengetahui
nilai dari Guru Penggerak adalah saya semankin tertantang untuk menguatkan
nilai-nilai yang masih perlu saya kuatkan, nilai-nilai yang sudah kuat dalam
diri saya sebagai seorang guru akan saya kembangkan dan lanjutkan sedangkan
nilai yang masih lemah akan saya pertajam dan kuatkan, Setelah saya memahami
kata kunci dari masing-masing nilai, makna nilai tersebut dan saya
refleksikan, semua nilai guru penggerak sudah ada selama ini dalam diri saya,
Nilai yang saya rasa harus saya kuatkan tentunya semua nilai, karena semua
nilai ini penting satu sama lain saling mempengaruhi dan harusberjalan
beriringan demi mewujudkan profil pelajar pancasila. saya
rasakan setelah mengetahui peran sebagai guru penggerak adalah bangga,
hal yang harus saya lakukan untuk menguatkan nilai dan peran guru penggerak
adalah setelah memahami nilai dan peran, saya tidak boleh berhenti belajar,
setelah saya dibimbing di program CGP pleh fasilitator, nantinya saya harus
terus belajar, terus mengisi dan berbenah diri serta terus memotivasi diri
untuk berkembang, serta selalu mengamalkan nilai dan peran guru penggerak.
Saya sama sekali tidak menemukan hambatan yang berarti dalam mengikuti
kegiatan program guru penggerak. Refleksi ini membuat saya mengevaluasi diri terkait peran
dan nilai guru penggerak, peran dan nilai apa yang lemahdan harus saya
kuatka, apa hambatan yang saya lalui.Kemudian dengan hal tersebut saya
merefleksi dan berusaha untuk mengembangkan diri. |
6 |
Sabtu,
8
Mei 2021 |
Jurnal
refleksi mingguan |
Refleksi
kegiatan selama seminggu |
Sabtu, 8 Mei
2021
CGP Angkatan 2
Ni
Wayan Yulastiningtiyas,S.Pd
NIP. 199303192019032027
Komentar
Posting Komentar