AUGMENTED REALITY (AR) MEDIA PEMBELAJARAN JITU PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Perkembangan tenologi ini juga berpengaruh di
dunia Pendidikan. Apalagi di situasi seperti sekarang ini, yakni pandemic
covid-19. Pembelajaran dilaksanakan secara daring, sehingga pemanfaatan
teknologi akan berpengaruh bagi keberlangungan kegiatan belajar mengajar.
Selain itu untuk memotivasi siswa diperlukan media yang menarik dan bermakna
bagi siswa. Dengan adanya teknologi guru dapat mengkombinasikan media
pembelajaran dengan IPTEK. Misalnya saja guru dapat membuat media video
pembelajaran ataupun membuat media berupa Augmented Reality (AR).
Augmented Reality merupakan pengembangan teknologi
yang memperbolehkan penggabungan secara real-time terhadap digital content yang
dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented Reality memperbolehkan
pengguna melihat objek maya dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan
terhadap dunia nyata. Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi
tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan
perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus. User
ataupun pengguna didalam dunia nyata tidak dapat melihat objek maya dengan mata
telanjang, untuk mengidentifikasi objek dibutuhkan perantara berupa komputer
dan kamera yang nantinya akan menyisipkan objek maya ke dalam dunia nyata.
Sebelum teknologi Augmented Reality digunakan,
terdapat teknologi Virtual Reality yang banyak dikembangkan. Teknologi ini
memvisualisasikan keadaan nyata ke dalam keadaan virtual. Biasanya aplikasi
yang termasuk Virtual Reality ini kebanyakan adalah game.Penggunaan teknologi
augmented reality ini khususnya pada perangkat mobile (telepon genggam dan
tablet) memang masih tergolong minim. Padahal teknologi ini memiliki potensi
yang besar untuk memperkaya telekomunikasi untuk menjadi lebih efektif.
Pasalnya, perangkat mobile sekarang ini merupakan salah satu teknologi yang
paling sering digunakan. Augmented Reality sendiri biasanya dikembangkan
platform iOS dan Android.
Augmented reality biasanya dapat digunakan pada smart
phone. Penggunaan smart phone pada era globalisasi ini sudah menjadi hal yang
biasa. Emarketer
mempublikasikan jumlah pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia mengalami
peningkatan mencapai 37,1% dari tahun 2016-2019. Setelah dilakukan survei
ulang, eMarketer mempublikasikan kembali jumlah pengguna smartphone dari tahun
2015 terdapat 65,2 juta pengguna smartphone, tahun 2016 terdapat 65,2 juta
pengguna, tahun 2017 terdapat 74,9 juta pengguna smartphone, dan tahun 2018
terdapat 83,5 juta pengguna smartphone di Indonesia hingga diperkirakan tahun
2019 terdapat 92 juta pengguna smartphon. Smart phone yang berkembang dipasaran saat ini
sangat beragam, terdapat sistem operasi iOS dan Android.
Dengan adanya teknologi yang secanggih seperti
sekarang, guru dapat mengkreasikan suatu media pembelajaran yang menarik dan
menyenangkan bagi peserta didik.Sehingga guru tidak hanya mengirimkan materi
pembelajaran berupa foto saja, tetapi dapat mengirimkan kode AR yang telah
dibuat. Lalu siswa dapat menscan kode tersebut dan menampilkannya secara
Augmented Reality.
Dari paparan saya di atas, munculah beberapa rumusan masalah yaitu, bagaimanakah cara menggunakan aplikasi assemblr edu bagi guru dan siswa sekolah dasar?, apakah metode yang digunakan untuk menyampaikan cara penggunaan aplikasi assemblr edu?, apakah saja manfaat yang diperoleh dari pembelajaran daring menggunakan aplikasi assemblr edu?
METODE PELAKSANAAN
Metode pelaksanaan pembelajaran daring dengan media Augmented Reality (AR) di kelas VI SDN 3 Tengkudak
1. Tahap Pengenalan
Pada tahap pengenalan ini menggunakan metode demonstrasi.
2. Tahap Mengajar atau Pelatihan
Kemudian pada tahap mengajar dengan menampilkan presentasi berbentuk power point “cara menggunakan aplikasi assemblr edu”. Setelah itu guru mendemonstrasikan cara memindai kode AR
3. Tahap Ujian atau Evaluasi
Terakhir adalah tahap ujian atau evaluasi yaitu siswa
diberikan selembar kertas yang berisi kode AR. Selanjutnya masing-masing siswa diminta untuk memindai kode dan menampilkan
AR pada meja atau lantai. Setelah itu siswa akan menyimak materi yang ditampilkan secara
Augmented Reality.
Tabel pelaksanaan kegiatan
Pertemuan Jenis Kegiatan Waktu Alat/Bahan/Sumber Ajar Penilaian Ke-1 Pengenalan 10 menit LCD,
proyektor Banyaknya peserta
yang hadir Pelatihan atau mengajar 30 menit Handphone/smartphone/gadget
pribadi,
LCD,
proyektor,
laptop Peserta yang
hadir mau menanggapi Praktek 10 menit Handphone/smartphon pribadi Peserta mampu
mempraktekkan tembang lagu atau pupuh Evaluasi 10 menit Alat tulis, handphone/smartphone pribadi Peserta mampu
menghafal langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi assemblr edu
Ingin segera mencoba media pembelajaran AR...
BalasHapus